Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bab 2 Cerita Tentang Indonesia Kita

apologiku.com - Berikut ini disajikan Soal IPAS untuk kelas 6 Bab 2 Cerita Tentang Indonesia Kita. Soal ini sudah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Semoga dapat membantu sobat pembelajar dalam memahami pelajaran. Berikut soal dan kunci jawabannya!
Soal bab 2 ipas kelas 6

Soal IPAS Kelas 6 Bab 2 Cerita Tentang Indonesia Kita!

Soal Essai

  1. Jelaskan secara singkat pada tahun berapakah penjajah Portugis dan Belanda datang ke Indonesia! Dan apakah tujuannya datang ke Indonesia ?
  2. Sebutkan contoh perlawanan bangsa Indonesia yang bersifat kedaerahan dalam mengusir penjajah!
  3. Jelaskan faktor lahirnya pergerakan Nasional!
  4. Apakah isi sumpah pemuda?
  5. Apasajakah badan yang terbentuk saat penjajahan Jepang?
  6. Jelaskan peristiwa penting menjelang proklamasi!
  7. Sebutkan tokoh-tokoh yang berjasa pada masa kemerdekaan!
  8. Siapakah yang menyusun teks proklamasi?
  9. Siapakah yang mengetik dengan rapi naskah teks proklamasi?
  10. Bagaimana caran mempertahankan kemerdekaan?

Kunci Jawaban!

  1. Portugis pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1511. dengan tujuan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah, khususnya cengkeh dan pala, yang sangat berharga di pasar Eropa. Mereka ingin memonopoli perdagangan ini dan menyebarkan agama Katolik di wilayah-wilayah yang mereka taklukkan. Sedangkan Belanda pertama kali tiba di Indonesia pada tahun 1596, dengan tujuan yang sama seperti Portugis, Belanda datang ke Indonesia dengan tujuan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah. Mereka ingin memonopoli perdagangan ini dan mendapatkan keuntungan besar. Belanda kemudian mendirikan Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada tahun 1602, sebuah perusahaan dagang yang diberi hak monopoli oleh pemerintah Belanda untuk mengelola perdagangan di Asia, khususnya Indonesia.
  2. Perlawanan bangsa Indonesia yang bersifat kedaerahan dalam mengusir penjajah ditandai dengan belum sepenuhnya bersatu bangsa Indonesia. Hal tersebut karena perlawanan hanya berdasarkan atas daerah masing-masing bukan atas nama negara yang besar.
  3. Pada masa penjajahan, kehidupan rakyat Indonesia sangat menderita. Rakyat Indonesia mengalami beragam penderitaan dan ingin terbebas dari penindasan dan penjajahan yakni dengan melakukan berbagai perlawanan. Cara yang dilakukan rakyat Indonesia masih mengatasnamakan daerahnya masing-masing sehingga belum ada rasa persatuan dan kesatuan atas nama bangsa Indonesia. Hal ini menyebabkan gagalnya bangsa Indonesia mengusir para penjajah. Dengan pengalaman tersebut, kaum terpelajar ingin berjuang dengan cara yang lebih modern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi.
  4. Sumpah Pemuda 1) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. 2) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. 3) Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
  5. Pusat Tenaga Rakyat (1943); Himpunan Kebaktian Rakyat Jawa (jawa Hokokai) Tahun Pembentukan 1944'; Pembela Tanah Air (PETA); Tahun Pembentukan: 1943' Heiho. Masyumi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia) Tahun Pembentukan: 1943; BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) Taun 1945 dan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)
  6. Peristiwa Reangasdengklok yaitu aksi penculikan terhadap Soekarno dan Mohammad Hatta yang dilakukan oleh sekelompok pemuda.
  7. tokoh yang berjasa pada masa kemerdekaan adalah Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ahmad Soebardjo, Sukarni, Yusuf Kunto, Singgih, Sayuti Melik, Fatmawati Soekarno.
  8. Yang menyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo.
  9. Yang mengetik naskah proklamasi adalah Sayuti Melik
  10. Sebagai pelajar, kita juga bisa menjaga kemerdekaan. Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan menumbuhkan rasa cinta kasih sebagai bangsa Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Post a Comment for "Soal IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bab 2 Cerita Tentang Indonesia Kita"